Entri Populer

Rabu, 30 November 2011

Dinas dikbud-kantor pos cianjur Gelar lomba tulis surat hadiah jutaan rupiah

Cianjur, Parhyangan
Semangat Sumpah Pemuda sebetulnya dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk dan umgkapan. Ini pula yang agaknya yang diangkat oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, yang bekerja sama dengan kantor pos setempat, terkait penyelenggaraan lomba menulis surat bertema “Dengan Menulis Surat Kita Tumbuh-Kembangkan Semangat Sumpah Pemuda.”
Lomba yang diperuntukan untuk murid SD, SMP dan SMA/SMK itu, dibuka sejak 14 November hingga 21 Desember, dengan ketentuan antara lain :
·         Surat berisi curahan hati dari siswa kepada bupati cianjur
·         Ditulis tangan sendiri
·         Menggunakan tinta hitam
·         Menggunakan kertas polio bergaris
·         Maksimal 1 (satu) halaman penuh
·         Batas kiri 3cm, dan batas kanan 2 cm
·         Surat yang ditulis menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
Lalu dimasukan kedalam amplop khusus yang disediakan panitia, kemudian dikirimkan via pos dengan menggunakan layanan surat kilat khusus bea kirim Rp 4.000,-, dan paling lambat 21 Desember 2011.
Sedangkan pemenangnya akan diumumkan pada minggu ke-2 Januari 2012, dengan hadiah terbagi dalam tiga kategori. Untuk SD, juara I mendapat beasiswa tabungan eBatarapos Rp 1,5 juta, juara II beasiswa tabungan Rp 1 juta, dan juara III tabungan Rp 750 ribu.
Kategori SMP, juara I tabungan Rp 2juta, juara II tabungan Rp 1,5 juta dan juara III tabungan Rp 1 juta. Kategori SMA/SMK, juara I beasiswa tabungan eBatarapos Rp 2 ,5 juta, juara II tabungan Rp 2 juta dan juara III tabungan Rp 1,5 juta.
Para juara I, II, dan III dari semua kategori, juga akan mendapatkan Tropy Bupati Cianjur. Juga dari semua kategori masing-masing ada tiga juara harapan dengan besarnya hadiah beasiswa tabungan eBatara bervariasi mulai dari Rp 300 ribu sehingga Rp 750 ribu.
Terkait penyelenggaraan lomba tersebut, para Kapusbindik menyambutnya dengan baik. Bahkan mereka ikut mensosialisasikan lomba itu kepada Kepala Sekolah yang ada di wilayah kerja masing-masing, di samping akan menyediakan tempat bagi peserta yang akan mengambil amplop khusus, sebagai persyaratan lomba.

DEWAN JURI
1.       APSI, KKPS
2.       Bidang TK/SD, SMP, SMA/SMK
3.       MGMP SMP/SMA

KRITERIA PENILAIAN
Penilaian dilakukan berdasarkan
1.       Kesesuaian tulisan dengan judul atau tema
2.       Alur tulisan dan gaya bahasa
3.       Pesan moral/inti dari tulisan

ASPEK PENILAIAN
1.       Orisinilitas ide atau gagasan
2.       Gaya bahasa dan estetika
3.       Penggunaan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar

PENGUMUMAN PEMENANG
Pemenang atas lomba Menulis Surat, diumumkan pada minggu ke 2 bulan Januari 2012 melalui media cetak dan radio juga melalui Kantor Dinas Pendidikan/Puspindik setiap kecamatan

KETENTUAN LAIN
1.      Panitia memiliki hak menerbitkan tulisan-tulisan yang masuk emnjadi sebuah buku dan   memiliki hak atas pemasukan yang diterima dari buku tersebut
2.      Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar