Entri Populer

Senin, 21 November 2011

Tips & Trik Saat Menjalani Tes TOEFL

tips serta trik yang mungkin berguna saat menjalani tes TOEFL, yaitu:
1. Berdoa. Di mana ada waktu dan kesempatan, berdoalah. Telpon orang tua Anda atau kerabat Anda untuk meminta doa serta restu mereka. Selain sebagai wujud spiritual, secara tidak langsung juga akan menguatkan mental Anda. Percayalah!
2. Percaya bahwa Anda mampu berhasil melewati TOEFL ini dengan baik! “Anda adalah Apa yang Anda pikirkan” begitu kata Ayah Saya sewaktu Saya kecil dulu ;)
3. Berikan waktu khusus selama 1 minggu untuk “membiasakan“ diri membaca dalam bahasa Inggris. Misalnya Anda hobi membaca resep masakan, cari yang bahasa Inggris. Jika Anda suka gossip, cari juga yang berbahasa Inggris. Ingat pengorbanan yang dilakukan dengan tulus dan sesuai hobi akan membekas di hati ;)
4. Sebisa mungkin saat satu hari menjelang tes berlangsung, Anda mengistirahatkan kepala Anda. Ini penting untuk menghindari stress saat tes nanti. Boleh-boleh saja Anda belajar, namun jangan yang berat-berat.
5. Datang ke tempat tes ujian TOEFL JANGAN terlambat! Terlambat hanya akan menambah beban mental Anda. Ok? :)
6. Jangan “mengkotori” pikiran Anda dengan pikiran “mudah-mudahan Saya duduk di dekat teman yang pintar” atau “jenis-jenis” yang lain.Pikiran semacam ini secara tak langsung mengakui bahwa Anda tidak mampu! Ingat no.2 :)
7. Saat ujian, jangan biarkan perhatian Anda teralih. Lebih-lebih saat sesi listening. Jangan memikirkan cucian yang dijemur karena hari hujan. Jangan memikirkan skripsi Anda. Pikirkan soal saja.
8. Pada sesi listening, usahakan Anda membaca terlebih dahulupilihan jawaban yang ada sehingga Anda dapat menebak “kira-kira, jika jawabannya adalah ini, maka soalnya pasti berhubungan dengan itu”
9. Sebisa mungkin jangan mengulang membaca soal yang sama lebih dari 2x! Ingat waktu!
10. Jangan ada jawaban yang kosong. TOEFL tidak memiliki nilai penalti jika jawaban Anda salah.
11. Beritahu teman Anda, jika ingin mencontek Anda (solidaritas :P ), tidak usah bertanya, tapi lihat saja ke lembar jawaban Anda. Sebab, pertanyaan teman Anda hanya akan membuat konsentrasi Anda pecah.
12. Ingat. Soal TOEFL memiliki struktur “semakin tinggi nomor soal, maka semakin sulit tingkat kesulitannya”. Namun bagi sebagian orang tingkat kesulitan ini berbeda. So flexibel aja :D
13. Sebagian besar soal TOEFL terkait masalah tenses. Pelajarilah.
14. Berdoa, berdoa dan berdoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar